Manfaat dan Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 25, 2013
Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan - Setelah sebelumnya membahas Bawang Merah keli ini membahas mengenai Cabai Rawit. Di balik bentuknya yang kecil dan mungil tidak disangka dan diduga ternyata cabai mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kebanyakan orang kurang suka dengan yang namanya cabai rawit mungkin disebabkan karena mempunyai rasa yang pedas. Cabai rawit biasanya sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, tetapi sebenarnya cabai rawit dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.
Manfaat dan Khasiat Cabai Rawit

Cabai rawit adalah buah dan tumbuhan yang termasuk golongan genus Capsicum. Di setiap Negara cabai rawit mempunyai nama yang berbeda-beda, misalnya di Negara Singapura dan Malaisia cabai rawit disebut dengan Cili padi. Di Indonesia khususnya di daerah jawa cabai rawit dikenal dengan sebutan Lombok Rawit.
Oke, dari pada anda penasaran manfaat atau khasiat Cabai rawit berikut ini adalah Manfaat/ Khasiat Cabai rawit untuk kesehatan:
1. Bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan di Laboratorium inggris menyimpulkan bahwa kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai menyebabkan rasa pedas. Rasa pedas itulah yang mempu membunuh sel kanker tanpa mengganggu sel normal. Untuk memperoleh hasil yang maksimal konsumsi cabai rawit secara rutin.
2. Orang kebanyakan suka makan gorengan yang mengandung kolesterol, mereka mengkonsumsi cabai dipercaya mampu mengurangi kolesterol. Logikanya ketika kolestrol kita bertambah, ketika itu juga kolestrol kita akan berkurang. Dengan mengkonsumsi cabe, maka kalori yang ada di dalam tubuh kita akan terbakar. Cabe mampu membakar kalori dalm tubuh sekitar 25 %. Itulah rahasia dari cabai nenek moyang kita sudah sejak dulu mengajarkan cara itu, meskipun itu berjalan dengan sendirinya.
3. Cabai dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Hal itu dikarenakan cabai mengandung zat capsaicin yang dapat memberikan rangsangan produksi hormon endophrin.
4. Masalah ketidaksuburan, memperlambat penuaan dan afrodiak juga dapat diatasi dengan cabai karena cabai mengandung zat antioksidan yaitu betakaroten dan Vitamin C.
5. Resiko terserang stroke dapat diatasi dengan Cabai. Selain itu juga dapat mengurangi penyumbaan pembuluh darah, jantung korener dan impotensi.
Sebenarnya sangat banyak sekali manfaat dari alam, karena ciptaan sang ilahi tidak akan pernah ada yang sia-sia. Hanya saja kita yang belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkannya.
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Manfaat dan Khasiat Cabai Rawit, semoga dapat menambah wawasan kita.


Artikel Terkait