Manfaat dan Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 11, 2013
Manfaat Buah Tomat untuk KesehatanKhasiat Buah Tomat Untuk Kesehatan. Buah Tomat merupakan buah yang sering sekali digunakan sebagai sayur atau pelengkap sayur. Nama latin buah tomat yaitu Licopersicum esculentum. Buah ini berasal dari negara Amerika Tengah dan Amerika selatan. Selain itu, tomat juga banyak mengandung gizi dan vitamin yang berguna untuk tubuh kita. Mau tahu apa kandungan/manfaat buah tomat? Berikut  adalah manfaat dan khasiat buah tomat untuk Kesehatan Manusia.
Manfaat dan Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan

Buah tomat di kelompokkan sebagai tanaman yang dekat dengan keluarga kentang. Namun,  buah tomat akan berwarna merah ketika masak dapat memberikan manfaat yang luas biasa bagi tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, langsung saja ikuti info berikut ini!
1. Manfaat/ Khasiat Buah Tomat untuk Menjaga Kesehatan Mata
Buah tomat yang masak memiliki kandungan vitamin A sebanyak 1500 SI. Mata sangat memerlukan vitamin A untuk membentuk sistem penglihatan yang baik. Selain itu,  vitamin juga dapat membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak. Jika mata anda kekurangan vitamin A maka mata anda menjadi tidak sehat, dan akan terkena penyakit rabun jauh maupun rabun dekat.
2. Manfaat/ Khasiat Buah Tomat untuk Menurunkan Demam.
Buah tomat yang masak juga dapat membantu menurunkan demam karena buah tomat tersebut mengandung zat antiperitik. Antiperitik merupakan zat-zat yang dapat menekan suhu badan ketika keadaan demam.
3. Buah Tomat berguna/ bermanfaat sebagai AntiOksidan.
Buah tomat merupakan salah satu buah yang mampu untuk menghasilkan kekebalan tubuh. Dalam buah tomat banyak mengandung lycopene (semacam antioksidan yang berfungsi untuk menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat asap rokok , polusi udara, dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh). Selain itu, fakta lain membuktikan bahwa  juga mempunyai peran aktif dalam mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker prostat, kanker lambung, usus besar, tenggorokan, dan kanker rahim.
4. Khasiat/ Manfaat Biji Tomat sebagai Anti Penggumpalan Darah.
Organ yang paling sensitif terhadap penggumpalan darah adalah jantung. Ternyata biji buah tomat mempunyai manfaat atau khasiat yang besar terhadap darah. Dalam buah tomat terdapat biji, dan di luar biji tersebut terdapat gel berwarna kekuning-kuningan. Biji-biji tomat tersebut yang berperan untuk mencegah penggumpalan darah dalam tubuh kita.
5. Manfaat/ Khasiat Buah Tomat untuk Mencegah Wasir dan Sembelit.
Ternyata si munggil buah tomat juga kaya akan serat yang penting untuk kesehatan kita, sehingga buah tomat juga mampu mengatasi gangguan pencernaan anda. Jika pencernaan bekerja dengan baik maka anda tidak akan mengalami wasir dan sembelit.
Tak disangka buah tomat yang kita anggap sebagai buah yang munggil, mempunyai manfaat atau khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kita. Dengan mengetahui Manfaat dan khasiat buah tomat untuk kesehatan, maka kita bisa mengurangi penggunaan obat-obatan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita. Baca juga artikel tentang: Manfaat/ Khasiat Buah Sawo Untuk Kesehatan. Demikianlah artikel untuk kali ini semoga dapat di manfaatkan semaksimal mungkin.


Artikel Terkait