Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 09, 2013
Manfaat Lidah Buaya – Khasia Lidah buaya. Lidah Buaya merupakan tumbuhan obat yang di kenal dengan sebutan Aleo Vera. Nama latin tumbuhan lidah buaya adalah Aleo barbadensis Milleer. Sejak ribuan tahun yang lalu tanaman lidah buaya sudah dikenal sebagai tanaman yang dapat menyuburkan rambut, untuk perawatan pada kulit dan penyembuh luka. Tumbuhan lidah buaya banyak di temukan di wilayah kering di Afrika. Tetapi tidak usah jauh-jauh ke afrika, di Indonesia pun saat ini sangat mudah ditemukan.
Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya

Jenis/ ragam tumbuhan lidah buaya ada banyak sekali, mencapai 200 jenis. Dari sekian banyaknya jenis tumbuhan lidah buaya yang paling baik dipakai dalam pengobatan adalah lidah buaya jenis Aloevera Barbadensis miller. Lidah buaya Aloevera Barbadensis miller mempunyai banyak kandungan zat yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, asam amino, air, lemak, mineral, vitamin, hormon, enzim, antiseptik, antibiotik, antikanker, antibakteri, antiinfeksi, antivirus, antijamur, antiperadangan, dan lain-lain.
- Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala.
Agar rambut tetap sehat dapat dilakukan perawatan dengan memanfaatkan tumbuhan lidah buaya caranya yaitu potong daun lidah buaya setelah itu oleskan getah yang keluar (eksudat) langsung di kulit kepala secara berkala. Setelah itu bersihakan dengan dibilas air.
- Manfaat Lidah Buaya Sebagai Penyembuhan Luka.
Tumbuhan lidah buaya mampu mengembalikan jaringan kulit yang terlukan. Caranya yaitu oleskan lender lidah buaya dibagian kulit yang bermasalah seperti bekas luka bakar, jerawat, hingga bekas gigitan serangga. Lender lidah buaya bisa diperoleh dengan menyayat pada bagian dalam daun lidah buaya.
- Khasiat Lidah Buaya untuk mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan.
Tumbuhan lidah buaya dapat di buat minuman jus. Jus lidah buaya dapat dibuat dari gel yang dihasilkan oleh tumbuhan lidah buaya. Dengan cara meminum jus lidah buaya maka dapat membantu mencega konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan.
- Manfaat Lidah Buaya Sebagai Bahan Kecantikan.
Berbagai produk kosmetik telah banyak yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan pembuatannya seperti krim, sabun, lotion  dan lain-lain. Lidah buaya bermanfaat untuk membantu meningkatkan kadar oksigen pada kulit, membantu mengencangkan/ menguatkan jaringan kulit agar tidak kendur, selain itu lidah buaya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.
- Manfaat Lidah Buaya Sebagai Anti Oksidan.
Tumbuhan Lidah buaya bisa di manfaatkan sebagai anti Oksidan  sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta dapat mem¬bantu mencegah penyakit degeneratif.
Untuk kecantikan/ perawatan wajah anda juga bisa memanfaatkan buah jeruk nipis, selengkapnya sialahkan anda baca artikel: Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kecantikan
Demikian sedikit pengetahuan yang dapat saya sampaiakan tentang Manfaat dan khasiat lidah buaya jika ana mengetahui manfaat yang lainnya seputar tumbuhan lidah buaya sialahkan berkomentar.


Artikel Terkait